Harapan Guru-Karyawan

Pater C. KUNTORO ADI, S.J.

“Romo Sindhunata SJ (2012), dalam tulisannya di buku “Sepanjang Hayat Bersama Rakyat”, memberi catatan menarik tentang hidup manusia. Dituliskan, dalam tembang Jawa ada larik yang berbunyi: “pertapa bertapa di pucuk pedang.” Tembang ini mau mengatakan, betapa tidak gampangnya hidup seorang ksatria. Ia harus bertapa, mencari kebijaksanan justru di tengah ancaman, kekacauan, godaan. Tugas ksatria terkadang jauh terasa berat karena kerap tidak memiliki kesempatan menikmati kesunyian dan ketenteraman.

Para siswa kelas XII, selamat, proficiat atas kelulusan anda semua. Saya turut bangga. Anda lulus di saat dan waktu yang tepat: Mei 2020, saat Yogya, Indonesia, dunia, cemas karena pandemic corona.  Anda akan meneruskan perjalanan ke waktu dan tempat yang tidak menawarkan kesunyian ataupun keheningan, tempat yang sering tidak gampang, penuh “pergolakan” dan krisis. Rasanya perjalanan seperti itu  bisa digambarkan sebagai bertapa di atas pucuk pedang.

Namun, melalui pendampingan dan pendidikan di SMA Kolese De Britto, rasanya anda sudah memiliki cukup bekal. Oleh karena itu berjalanlah menjadi “leaders in the service of others.” Semoga Tuhan, selalu menemani dan memberikan berkat yang berlimpah.”

Pater A. MULYADI, S.J.

Tetap bergelora dalam mencapai cita-cita dan membangun masa depan. Jangan lupakan semangat & nilai-nilai de Britto yang sudah ditimba selama 3 tahun. Senantiasa menghidupi semangat “man for others” di tengah masyarakat luas. God bless you all.

Bapak Ag. PRIH ADIARTANTO, M.Ed.

“Saya senang dan bersyukur boleh menjadi bagian dari perjalanan formasi Anda di SMA Kolese De Britto. “You are not just changing, you are becoming”.

Secara khusus untuk teman-teman kelas BAHASA: terima kasih untuk perjumpaan selama 2 tahun dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, terima kasih untuk “gojeg kere”-nya. Jangan lupa pesan Andy Dufresne: “Hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies”  (The Shawshank ‘JB’ Redemption). Kapan ya kita sempat baca puisi, cerpen, atau bermonolog lagi?”

Bapak H. HERI ISTIYANTO, M.Kom

Saya sangat mengapresiasi untuk angkatan ini yang dalam masa pandemi ini dapat beradaptasi dengan cepat mengikuti pembelajaran daring. Semoga angkatan ini nantinya selalu dapat beradaptasi dengan perubahan zaman di masa yang akan datang, yang datangnya tidak dapat ditebak. Semoga para siswa juga dapat menerapkan nilai-nilai yang telah diajarkan selama 3 tahun di SMA Kolese De Britto. Meskipun para siswa mengikuti pembelajaran daring dan luring, harapan saya para siswa tetap dapat menunjukkan pribadi yang memiliki karakter kuat sebagai siswa De Britto, dan dapat menunjukkan diri sebagai pemimpin yang mampu bersaing dengan para siswa dari sekolah lain.

Bapak Drs. B. WIDI NUGROHO, M.Ed.

Kebebasan yang bertanggungjawab sudah harus ada sejak dalam pikiran.

Bapak P. GANDHI PRASTOWO, S.Pd.

“Lulusan angkatan 2021 memberi kenangan tentang keberagaman anak milenial yang memiliki aneka bakat, ketertarikan maupun passion yang berbeda-beda. Ada yang tekun dan hebat dalam bidang sinematografi, science dan teknologi, musik, kesenian tradisional bahkan ada yang tertarik dalam hal trading. Saya juga melihat beberapa pribadi yang sangat getol mengikuti lomba. Ini hal positif untuk mengasah kemampuan akademis dan mengolah kepercayaan diri mereka.  Acara besar CIRCUM TEMPORUM membuktikan pada kita bahwa anak-anak angkatan ini sangat antusias belajar berorganisasi dan memanage acara besar. Profisiat.

Siswa lulusan JB harus kreatif, dinamis, dan memberi pengaruh positif pada orang lain. Mereka harus menjaga nama baik almamater dan menjunjung nilai-nilai, etiket, dan moral yang baik di tengah masyarakat.”

Bruder Y. TRIYANA, S.J

“Kelas xii kompak, bersatu, erat.

Jadikan kekompakan sebagai modal perjuangan bersama.”

Frater BANGKIT ADi NUGROHO, S.J.

“Teman-teman Kelas XII, profisiat untuk semua proses formasi yang sudah dijalani. Saya kira momentum ini bukan garis akhir, tetapi justru titik awal teman-teman melangkah dengan cara pandang baru dan cara bertindak 5C+1L.

Satu pesan dari Pramoedya Ananta Toer ini, ingin saya teruskan kepada teman-teman.

“”Setiap pengalaman yang tidak dinilai baik oleh dirinya sendiri ataupun orang lain akan tinggal menjadi sesobek kertas dari buku hidup yang tidak punya makna. Padahal setiap pengalaman yang direfleksikan tak lain daripada fondasi kehidupan””.

Teruskan selalu tradisi merefleksikan diri dan pengalaman, apapun itu pengalaman nanti.”

 

 

Ibu A. ARDIAN NUGHRAHENI, S.Pd., M.A.

“Anak-anak ini tidak hanya memiliki kemampuan kognitif yang baik tapi memiliki empati yang tinggi. Hal ini mendorong mereka untuk mau bergerak membantu teman-teman maupun masyarakat yang membutuhkan.

Kalian semua hebat, teruslah berjuang dan pergunakanlah kehebatanmu itu untuk menjadi bermanfaaf bagi orang-orang di sekitarmu. “

 Bapak St. ARINTOKO, S.Pd.

Kelas 12 sangat inspiratif dan besar harapan  menjadi orang hebat yang mampu mengubah dunia.

Ibu OKDARINA KRISPUTRANTI, S.Pd.

Angkatan 69 adalah siswa pertama saya mengajar di Depan Britto. Siswa yang luar biasa, dengan berbagai macam karakter dan pribadi. Pengalaman yang luar biasa mendampingi dan menemani setiap dinamika kalian di sekolah. Harapan saya, semoga para siswa semakin tangguh dan hebat dengan caranya masing-masing. Sukses selalu untuk studi dan karier nantinya. Terbanglah sejauh dan setinggi mungkin, namun ingat, kalian pernah berada dalam kandang yang sama. Tetap solid dan kompak. AMDG. GBU

Bapak D. PUJIYONO, S.F.K.

Seru, angil, mantaps, anjaylah pokoknya! Semoga para siswa lulusan tahun 2020 tetap selalu bepegang pada nilai-nilai yang ditanamkan oleh kolese ini , bekarakter, berani, profesional, berbelas kasih dan jujur dalam bersikap.

Bapak Y. BAMBANG MARYONO, S.S.

“Saben wong manut kodrat ing saumume, kepengin nggayuh ngelmu, nanging ngelmu tanpa wedi asih marang Allah, apa gunane?

Mula ta mula, yen kowe meruhi wong liya terang nglakoni kang ora becik lan doso, utawa nindakake kaluputan gedhe, aja kowe banjur ngegungake awakmu dhewe: sapa ngerti, sepira suwene kowe bakal nuhoni becik.”

Begitulah sepenggal kalimat yang dapat direnungkan dalam perjalanan dan perjuangan teman-teman selanjutnya, supaya dalam kehidupan ini semakin mampu bertumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan pantas di hadapan Allah dan sesama.

Terima kasih atas kebersamaan kita selama dua tahun, tidak ada hal besar yang bisa saya bagikan untuk teman-teman, tetapi saya menerima banyak hal berharga dari teman-teman yang menggerakkan dan mengembangkan kualitas saya sebagai manusia.

Perjuangan masih panjang, mari kita saling mendukung untuk terus berusaha membangun kualitas hidup dengan menata dan mewujudkan keseimbangan, BUDI, HATI, TUTUR dan PERILAKU.

Terima Kasih

Sukses untuk Anda semua

Berkah Dalem

Bapak Chr. DANANG WAHYU PRASETYO, S.Or.

Selamat untuk teman2 kelas XII yang telah lulus, semoga kabar bahagia ini membawa sedikit penghiburan di tengah situasi yang tidak ideal dalam kehidupan ini. Teman2 semua sudah mencapai dan berhenti di satu terminal, dan bersiap kembali untuk melaksanakan perjalanan di terminal berikutnya, semoga apa yang teman2 cita-citakan dapat terwujud sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah kalian impikan. Besar harapan kami yang telah mendampingi kalian 3-4 tahun di kawah candradimuka ini untuk senantiasa selalu ingat akan mars JB yang selalu kita dikumandangkan dalam berbagai kesempatan. Terbanglah manuk2 JB, kibaskan sayap2 kalian untuk meraih kesuksesan, demi kemuliaan Allah yang lebih besar, AMDG.

Bapak Y. HENDRABUDI PRABAWA, S.Pd.

Menjadi pribadi yang utuh dan menyeluruh merupakan ungkapan yang tepat untuk kalian. Jika kalian merasa tertantang, maka segera wujudkan. Kesempatan sangat terbuka diluar sana. Teruslah berjuang untuk mewujudkannya. Terima kasih. Salam sehat dan semangat. Joss.

Bapak IWAN SUSANTO, S.Pd.

“Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “”Kacang Lupa Kulitnya””. Bagi saya dari ungkapan tersebut ada pesan yang bisa kita ambil. Dari ungkapan itu, kita bisa belajar, bahwa “”Kacang Lupa Kulitnya”” bermakna orang yang lupa darimana dia dulu berasal. Oleh karena itu, saya punya harapan untuk para siswa kelas XII yang baru saja lulus. Semoga para siswa yang baru saja lulus ini tidak menjadi “”Kacang yang Lupa Kulitnya””. Semoga mereka tetap mengingat sarang mereka, tempat dimana mereka dulu berproses dan ditempa, tempat darimana mereka dulu berasal. Semoga mereka selalu  mengingat semua ilmu dan ajaran baik yang mereka peroleh selama berada di sarang. Mengingat selalu pesan dari lagu Mars De Britto yang selalu mereka nyanyikan dengan bangga dan lantang,”” Meskipun terpencar hidupmu, di kelak kemudian waktu, ingatlah selalu didalam hatimu Dialah De Britto contoh-mu!””

Itulah sedikit harapan saya untuk para siswa yang baru saja lulus. Semoga para siswa yang baru lulus ini dapat meraih kesuksesan besar dalam segala hal dimasa yang akan datang. Tetaplah menjadi orang baik! Tetaplah menjadi diri sendiri di manapun berada dan ingatlah, Dialah De Britto contohmu.”

Ibu BINTARI DAMANIN SANI, S.Pd.

Semua ada masanya. Ada masa untuk bertemu, ada masa melepas yang ditemui. Suka duka menjadi bekalnya. Selamat menyatakan mimpi, selamat berkarya!

Ibu V. YENNY INDRAYANTI, S.H.

Tetaplah menjadi diri sendiri yang otentik.

Ibu SRI ENDAH SETIA RINI, M.Pd.

Tetaplah terus mencari ilmu dan keterampilan, serta berkepribadian mulia.

Bapak Ag. TRIWINANTA, S.Pd.

Saya banyak belajar dari para siswa lulus th ini, terimaksih telah membantu menemukan identitas-ku menjadi guru kolese. Dari anda semua saya belajar menjalin  relasi pribadi yang mendasar, menyelami hidup mereka dan memberi ruang untuk belajar peduli. Saya berharap mereka siap.menyambut tantangan baru yang akan semakin mendewasakan mereka mnjadi pribadi yang makin matang; commited, consistent, compassionate, competent, concentious.

Bapak A. DENNY SETIA UTAMA, S.Pd.

Jangan pernah lelah untuk terus belajar sampai hembusan nafas terakhirmu.

Ibu R. SURYANI, S.Pd.

“Para lulusan JB angkatan 2020 ini memang berbeda, tidak seperti angkatan yang sudah-sudah yang bisa merayakan kelulusan dengan upacara wisuda atau pesta kebun di sekolah. Banyak yang bersedih tidak bisa merayakan kelulusan dengan perpisahan resmi atau setidaknya pesta kecil untuk terakhir kalinya. Namun setiap siswa mampu  menyikapinya dengan bijak di tengah pandemic covid-19 ini. Dalam jarak ruang masing masing hanya bisa bersyukur dan saling mengucapkan selamat lulus satu sama lain. Kalaupun harus merayakan kebahagiaan ini hanya dengan keluarga di rumah saja. Sungguh kelulusan tahun ini memiliki kesan aura biru dan sendu dirasa dalam kalbu setiap lulusan.

 Harapannya angkatan ini justru akan menjadikan moment kelulusan yang berbeda dan istimewa ini untuk lebih saling meneguhkan dan berakar kuat dalam persaudaraan sebab telah kehilangan perjumpaan yang terakhir kali. Dan kelak  sembari melanglang buana meninggalkan sarangnya, semoga mereka tidak akan pernah lupa bahwa sarang ini pernah mempersatukan mereka. Dan semoga nilai-nilai kehidupan yang sudah dialami dan dilakukan di De Britto akan menjadikan mereka manusia yang sebenarnya untuk melayani masyarakat yang lebih luas lagi sehingga slogan AMDG  akan terus bergaung dimanapun mereka berada kelak sampai mereka nanti tua.”

Ibu P. RIAN KUNTHI KUSUMADEWI, S.Pd.

Selamat mengudara semakin tinggi semoga juga selalu membumi karena tetap melekatkan jiwa De Britto dalam diri yang solider dan bertanggung jawab. Profisiat!

Bapak Drs. St. KARTONO, M.Hum.

2020, tahun Anda lulus. Angka istimewa bagi Anda semua, tanpa perlu ritual “wisuda”, Anda menyelesaikan pendidikan di kolese ini. Ritual panjang dalam hidup Anda selanjutnya adalah meneruskan saripati pendidikan JB hingga terwujud nyata.

Bapak SANUSI S.H. MURTI

“PROFICIAT atas PERJUANGAN KALIAN sebagai “Calon Siswa JB”, saat “Menjadi Siswa JB”, dan akhirnya “Bangga Menjadi Alumni JB”. Sungguh kereeen bosque…

Apalagi ditambah mimpi2 kalian ini lho, bungkuuusss bruuuhs….ingin MENJADI:

Pastor (0.5%)   Kepala Polisi (0.5%)   Dokter Ahli Kandungan (0.5%)   Ahli Matematika (0.5%)   Ahli Konservasi Kelautan (0.5%)   Fisikawan (0.5%)   Ahli Tatakota (0.5%)   Game Developer (0.5%)   Pelatih Sepak Bola (0.5%)   Dokter Spesialis Darah (0.5%)   Ahli IT (0.5%)   Editor Film Hollywood (0.5%)

Peneliti (1%) Chef (1%)   Polisi (1%)   Influencer (1%)   Gamer Profesional (1%)   Manager Pertambangan (1%)   Youtuber (1%)   TNI (1%)   Ahli Farmasi (1%)   Astronaut  (1.5%)   Ilustrator (1.5%)   HRD (1.5%)   Politisi (1.5%)   Pilot (1.5%)   Presiden (1.5%)   Arsitek (1.5%)   Konglomerat (1.5%)   Jurnalis/Penulis (1.5%)   Memuliakan Allah   (1.5%) Philantropist  (2%)   Masuk PTN Idola (2%)   Desain Grafis (2%)   Membahagiakan Ortu (2%)   Sutradara/produser  film (2%)   Kontraktor (2%)   Akuntan (2.6%)

Diplomat (3.1%)   Psikolog (3.1%)   Dosen/guru (3.6%)   Engineer (4.1%)   Dokter (4.6%)   Advokat/aktuaris (4.6%)   Programmer (7.1%)   Lain-lain: migunani  tumrap liyan; sukses; bahagia; kubeli perusahaan bapak kau; jadi kurus; menjadi orang yang baik; sugih lan duwe bojo sing ayu (8.1%)   Pengusaha (17.3%)

So, WUJUDKAN mimpi2 kalian…dan genggam erat pesan Paus Yohanes XXIII: “Jangan mencari ketakutanmu melainkan carilah harapan dan mimpimu. Jangan berpikir tentang frustrasimnu, tapi tentang potensi yang belum terpenuhi. Perhatikan dirimu bukan dengan apa yang telah kamu coba dan gagal, tapi dengan apa yang masih mungkin bagimu untuk melakukan sesuatu.””

Bapak Ant. DIDIK KRISTANTOHADI, S.Pd.

Lanjutkan perjalanan menuju jati diri.

Bapak PRIMA IBNU WIJAYA, S.Pd.

“Bangga dengan prestasi yang diraih para siswa baik prestasi akademik dan nonakademik.

Jadilah alumni yang kuat dan tangguh, jadilah pribadi yang tahu akan kaum lemah dan tersingkir.”

Ibu Karina Heksari, S.Pd.

Selamat atas kelulusannya teman-teman. Selamat melanjutkan perjuangan, semoga sukses dan tercapai semua yang dicita-citakan. Tuhan memberkati.

Ibu E. MEGIA NOFITA, S.T.

“Kesan saya begitu mendalam, mulai dari kelas X , XI , dan XII..banyak cerita di dalamnya, mulai dari hal menjengkelkan hingga mengharukan..

Harapan saya: jadilah manusia yang berbudi luhur dan jujur di manapun kalian berada.”

Bapak Drs. Th. SUKRISTIYONO

“Angkatan yang banyak mengalami dinamika istimewa terutama di saat akhir harus ujian dalam suasana tidak biasa,  Sepanjang ke;las XII selalu memerlukan dorongan dan dukungan khusus untuk menyadari kekuatan dan kesempatan.

Kelulusan dari SMA bukanlah garis finish , justru garis start untuk lebih mengarah pada jalan hidup dan jati diri, maka tidak ada lagi langkah yang sekenanya tetapi harus selalu fokus, terencana, berkeputusan tepat dan bertanggung jawab dalam segala hal. …. ingat selalu di dalam hatimu  ….John De Britto  adalah contohmu.”

Bapak H.J. SRIYANTO, M.Pd.

Selamat! Terbang tinggi – melampaui diri!

Bapak F.X. CATUR SUPATMONO, M.Pd.

Siswa kelas 12 angkatan tahun 2020 ini menurut saya adalah angkatan yang istimewa, unik, kreatif, dan tingkat kepedulian pada orang lain cukup tinggi. Semoga semua siswa angkatan 2020 ini bisa sukses lahir dan batin serta nantinya dapat bermanfaat besar bagi Allah, negara, dan sesama.

Bapak A. RESWARI INGKANSARI, M.Pd.

Dream higher, run faster.

Ibu E. JEVINA LINTANG PUSPITA, S.Pd.

Banyak hal baru yang saya dapatkan dari kalian sebagai angkatan pertama yang saya ajar. Tetap semangat dan jadilah pribadi yang kuat dan baik dengan keunikan karakter kalian. See you on top.

Bapak R. ANGGARA TRI LAKSANA, S.Pd.

“Siswa kelas XII merupakan siswa yang ramah dan sopan.

Semoga para putra dapat meraih cita-cita yang diharapkan. Dan tetap menjaga kekeluargaan keluarga besar JB.”

Ibu Dra. ENDAH SULASTRININGSIH

“Setiap angkatan punya ciri sendiri. Angkatan tahun ini anak2nya kompak ,  berbela rasa, empatinya tinggi.

Hidup adalah Belajar,

Maka belajarlah  terus  dalam segala hal, agar hidupmu berguna untuk orang lain dan demi kemuliaan Allah yang lebih besar.”

Ibu Dra. M.Th. NANIK ISMARJIATI, M.Pd.

Angkatan ini istimewa. Semoga selanjutnya mampu berproses lebih baik.

Ibu RATNA DWI ASTUTI, M.Pd.

Kesan terhadap siswa kelas xii baik. Harapan dapat menjadi pribadi yang lebih berkembang dan berguna bagi orang lain.

Bapak Drs. H. SURADI

Masa SMA Anda telah berakhir, masa dimana penuh dinamika, sekarang saatnya kembangkan potensi Anda di tempat lain sesuai bakat dan minat.

Bapak Ign. AGUS YULIANTO, M.Pd.

“Merupakan angkatan yang sangat istimewa, penuh warna, banyak yang pinter, lucu, jahil, hampir semua kelas ada  slepy boy, komplit … terimakasih sudah berdinamika denganku …

Benahi yang harus dibenahi dalam diri Anda sebagai ungkapan syukur atas kebaikan dan kemurahan Allah. Bahagiakan orang tuamu, selagi Anda bisa… karena, Kesemapatan tak-kan terulang.”

Ibu Dra. C. SUCI PUJI SETYOWATI, M.Pd.

“Kesan saya angkatan ini baik, ramah sering menyapa, kompak.

Semoga kalian menjadi pribadi yang peduli, empati, tangguh, sebagai bentuk man for and with others dengan siapa saja. Ke depan akan menghadapi dengan dunia yang nyata jadilah sosok pembawa gembira dan andalkan Tuhan dalam segala hal.”

Ibu Ir. S. SUSIANI S.

Berkembanglah secara utuh.

Ibu M.M. SUDEWI FAJARINA, M.Sc.

Semoga para siswa setelah menjadi alumni SMA Kolese De Britto dapat mengembangkan bakat dan potensinya di tingkat yang lebih lanjut. Berusahalah dengan sungguh2 dan jadikan De Britto panutanmu.

Bapak R. ARIFIN NUGROHO, M.Pd.

Lurs… Proficiat ya… Kalian luarrbiasaaa…. 3 atau 4 tahun bergelut dengan berbagai pelajaran hanyalah sarana agar kalian bisa beradaptasi dalam berbagai situasi, sesulit apapun itu. Tetap bahagia, selalu berpikir positip & jujur dalam segala hal. AMDG

Bapak Y. SUMARDIYANTO, S.Pd.

“Berusahalah Menjadi Manusia Bahagia, Bukan Hanya Sukses.”

Bapak Y.B. APRIN SUGENG JATMIKA, S.Pd.

“Siswa lulusan 2020 adalah siswa yang dinamis.

Perjalanan pendidikan masih panjang, namun rawatlah nama De Britto sepanjang usiamu.”

Bapak DWI PRASETYO, S.S.

Selamat Anda semua telah menyelesaikan seluruh dinamika belajar dan formasi di SMA Kolese De Britto. Tetap jaga nyala api obor yang ada di lambang SMA Kolese De Britto sebagai perwujudan akan semangat memancarkan sinar yang menerangi hati setiap orang. Ad Maiorem Dei Gloriam.

Bapak F. DIMAS DARUMURTI, S.Pd.

Sukses selalu dan teruslah bercita-cita meraih keunggulan dengan dilandasi hati yang bersih untuk mewujudkan hidup damai bersama dengan orang lain.

Bapak NOVA TRI UTOMO, S.Pd.

Saya menemani siswa angkatan 69 ini semenjak kelas X hingga kelas XII. Menyaksikkan pertumbuhan karakter yang ada membuat bangga. Semoga langkah ke depan setelah keluar sangkar semakin kekar dan berani lagi. Langkah di depanmu sekalian lebih nyata Bung!

Bapak A. PRIMA ADHI PUTRA, S.Pd.

Jagalah semangat kebersamaan sebagai satu angkatan di mana pun kalian berada, kalian bertumbuh dalam komunitas spiritualitas Ignatian. Jadilah pembawa terang dan garam dunia di tempat yang baru. Wartakan kabar sukacita tentang sekolah-mu ini. Berkah Dalem.

Bapak RIO PRABOWO, S.Pd.

Terkait kesan, dikarenakan saya tidak terlibat dan berdinamika bersama dengan kelas XII tahun ajaran 2019/2020 ini, maka izinkan saya menaruhkan harapan bagi siswa kelas XII yang baru saja lulus yaitu semoga para siswa mampu berdampak bagi sesama terlepas nantinya berkuliah di mana pun atau bekerja di mana pun. Supaya dapat menjadi pribadi yang berguna bagi sesama di marketplace masing masing. Tuhan memberkati.

Bapak F.X. AGUS HARIYANTO, M.Pd.

Angkatan ini untuk  keseluruhan bahwa bisa diajak kerjasama terlihat dari kerjasama dalam orientasi profesi kelas XII.  Khusus kelas XII IPS dapat kerja sama dan berdiskusi dalam pembelajaran serta lomba-lomba berkaitan dengan Ekonomi.  Untuk perwalian saya  XII S1 dapat kerjasama dan terlibat dalam kepengurusan organisasi dan kepedulian dengan teman lainnya.   Kembangkan keahlian dan bakat untuk sesama.  Ingatlah Anda punya sarang di LA 161.

Bapak Y. IWAN PRASETYO, S.Pd.

Menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakan, adalah kebijaksanaan yang mendasar. Di dalam kehidupan yang sejati setiap perilaku dan perbuatan akan dikritisi oleh siapapun, apalagi  kesalahan/kekeliruan  yang paling kecil akan akan dikritisi, tetapi tetaplah berbuat sesuatu yang mampu memuliakan orang lain.

Bapak H. FRANKY ARI ANDRI P., S.Pd.

Pengalaman bersama dengan angkatan ini terutama untuk siswa kelas XII IPS memberi kesan yang lain. Setiap angkatan memiliki keunikannya masing-masing, angkatan ini saya merasakan nuansa akademis hadir di dalamnya. Harapan saya semoga langkah berikutnya menjadi awal dalam membuka masa depan menjadi aktor-aktor penggerak perubahan dalam berbagai bidang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Bapak J. DAVID MOHEDJATUN, S.Pd.

Angkatan ini merupakan angkatan yang membuat “bikin hidup lebih hidup” dengan segala ekspresinya, semoga ekspresinya bisa dilampiaskan untuk sesuatu yang baik.

Bapak NOVIANTO EKA SAPUTRA, S.Sn.

Saya belajar banyak dari kalian nilai-nilai kebersamaan, solidaritas, dan persaudaraan. Saya yakin kalian pun berproses, dan tiada proses yang sia-sia. Maka bawalah hal-hal baik yang kalian dapatkan di De Britto dan bagikan kepada siapapun yang nantinya kalian jumpai.

Tim Karyawan KANTOR YAYASAN

Bapak D. TONI ARIYANTO, S.E.

Teruslah tetap berjuang! Kerja keras dan kepedulian kepada sesama yang akan membedakan Anda dengan orang lain. AMDG.

Bapak S. FENDY SETYAWAN, S.E.

“ada pertemuan ada pula perpisahan”

Selamat atas kelulusan teman-teman Siswa SMA Kolese De Britto Tahun Ajaran 2019-2020. Perjuangan kalian baru akan dimulai tetap berkomitmen akan tujuan akhirmu sebagai manusia yang berguna. Gapailah cita-cita dan mimpi-mimpi kalian seperti yang ada dalam  salah satu syair lagu soundtrack film Laskar Pelangi

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia Berlarilah tanpa lelah Sampai engkau meraihnya

Bebaskan mimpimu di angkasa Warnai bintang di jiwa

Menarilah dan terus tertawa Walau dunia tak seindah surga Bersyukurlah pada Yang Kuasa Cinta kita di dunia selamanya”

Ibu M. YULI YARTI, A.Md.

Semoga menjadi pribadi yang sukses dan tetap memegang teguh nilai-nilai De Britto.

Ibu E. DYAH AYU DWI ASWITA PRATIWI, A.Md.

Semoga nilai-nilai baik, jiwa pemimpin, dan semangat “man for others” yang diperoleh selama berdinamika di SMA Kolese De Britto dapat selalu hidup dan bekal untuk jenjang kehidupan selanjutnya. Sukses dan jadilah berkat bagi orang lain!

Bapak Y. WIDODO

“Kalian membanggakan. Tetap semangat belajar dalam kondisi dan situasi apapun.

Tetap melayani sesama dan jangan pernah berhenti bersyukur dalam kondisi dan situasi apapun. Terima kasih.”

Tim Karyawan PERPUSTAKAAN       

Bapak S. GANANG GUNTORO, S.Hum.

Semoga bisa menjadi pribadi yang bebas & bertanggung jawab. Dapat menentukan sikap dan pilihan hidup sesuai dengan hati nurani yang benar, tanpa merugikan orang lain. Selamat dan Sukses untuk kelulusan De Britto Angkatan 2020. AMDG

Bapak D. ADIYO KUNTORO

“Angkatan yang unik, ….penuh kekeluargaan.”

“…..Ingatlah di dalam hatimu, Dialah De Britto contohmu. Kibarkarkanlah tujuan luhurmu dengan pribadi-pribadi yang tangguh.

“Selamat & sukses selalu. “

Tim Karyawan RUMAH TANGGA     

Bapak A. MURDIMAN

Teruslah berkarya.  Jadilah Pribadi Penebar Manfaat untuk orang banyak.

Bapak V. JARWO BIADI

Tetaplah menjaga nama baik Sekolahan di manapun kalian berada.

Bapak IRAWAN PUDJANUGRAHA

Mimpi adalah kunci kita untuk menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya.

Bapak M. SUROTO

Semoga kaIian semua sukses dan selalu sehat.

Bapak Ag. JUMONO

Selalu siap dan siaga menghadapi tantangan zaman.

Bapak JOKO YUWONO

Siswanya baik-baik. Harapan saya para siswa yang lulus tahun ini, bisa membawa nama SMA De Britto menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Bapak M. FERI KURNIAWAN

Semoga bisa sukses dan selalu membawa nama baik Kolese De Britto… Jangan lupa dengan guru dan karyawan.

Bapak B. HARDONO SUSILO

Tetap semangat pantang menyerah tuk menggapai cita-citamu!!

Tim Karyawan SEKURITI-DRIVER    

Bapak S. NANANG GUSDWIYANTO

“Kalian adalah pribadi yang ramah, sopan, kreatif, inovatif, mudah diajak berkomunikasi, dan berdiskusi.

Semoga benar-benar menjadi Pemimpin Pengabdi yang  PancasiLais, cakap, berhati nurani benar, berbeLa rasa, dan berkomitmen, serta konsisten demi kesejahteraan Bangsa, Negara, dan dunia.”

Bapak H. TYAS PRIANTORO

Kesan dan harapan saya, siswa yang lulus sudah memiliki kompetensi dan semakin solid. Semoga untuk ke depannya kalian bisa menjadi para pemimpin yang mampu diandalkan dalam segala bidang.

Bapak L. ATASWORO

Alumni istimewa, lulus dalam masa pandemi covid19, semoga kalian semua menjadi yang teristimewa di masa depan…. AMDG.

Bapak T. ANDRIKA NUR IRSANI

Semoga menjadi orang yang berguna dan tetap menjaga nama baik Kolese De Britto

Bapak S. DEDI SETIAWAN

Tetap AMDG dan berguna bagi bangsa, negara, dan dunia.

Bapak I. BAMBANG WIDYATMOKO

“Selama 3 tahun mereka menuntut ilmu di De Britto mereka telah berkembang menjadi siswa yang bermutu dan unggul serta berhasil menjadi pribadi-pribadi yang benar-benar menjiwai karakter sebagai anak didik dari De Britto.

Semoga apa yang mereka dapatkan dari Debritto selama ini bisa menjadi pondasi dan landasan yang kuat untuk bisa makin tumbuh mengembangkan talenta mereka untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa,negara dan tentunya demi kemuliaan nama Tuhan.”

Bapak SUNGSANG RAGIL PRAYITNO

Dimasa pandemi covid 19 ini semoga kalian yang telah menjadialumni De Britto tetap semangat untuk jenjang karirmu. Selanjutnya semoga bermanfaat bagi keluarga negara dan bangsa. Tak lupa buat kemuliaan nama Tuhan. Amin.

Bapak COSMA BAYU

“Bisa menjadi teladan bagi yang lain, bisa membawa nama baik sekolah, dan menjadi manusia yang mempunyai kualitas berguna bagi nusa dan bangsa.”

Bapak YUSUF IMAM MURSID MULYATA

“Siswa kelas XII yang sekarang sudah lulus, mereka banyak yang dekat, terutama anak- anak yang sering saya antar untuk acara di luar sekolah.

Bahkan banyak yang nurut misal di kasih pengertian. Matur nuwun.”

Tim Karyawan TEKNISI-LABORAN   

Bapak M. TRI HANDOYO, A.Md.

“Siswa klas XII untuk angkatan yang lulus tahun 2020 terkesan manja, kurang daya juangnya dalam belajarnya.

Semoga setelah lulus dan kuliah dapat berubah, lebih mandiri, semangat dan mempunyai daya juang dalam belajar dan studi.”

Bapak P. RISWANTO

Keberhasilan hanya didapat dari  usaha yang keras, jujur, konsisten, dan dibarengi dengan doa.

Bapak F.X. SUJARWANTO

“Rajin, Pintar dan semangat serta peduli pada sesama civitas termasuk pada karyawan.

Tetap terus semangat dan rajin dalam meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan jangan lupakan mereka yang selama ini mendampingi dan membimbingmu. Tetaplah peduli akan mereka yang ada di sekitarmu.”

Bapak Y. WISNU CHRISANDARU

Meski terpencar hidupmu, di kelak kemudian waktu, ingatlah De Britto contohmu.

Bapak A. GUSTI PRIMA SUPRATMAN

Harapan saya supaya siswa De Britto yang lulus dapat menerapkan di masyarakat luas nilai nilai positif yang didapat selama di De Britto.

Tim Karyawan TATA USAHA 

Ibu A. YUNIKA SURYA WULAN, A.Md.

Semoga para siswa yang baru saja lulus mendapatkan universitas yang diinginkan.

Bapak B. KRISMANTO, S.Pd.

“Teman-teman yang terkasih bagaimana kabar semuanya? Harapan saya semuanya baik-baik saja dimanapun berada ditengah keadaan yang tidak menentu dan tidak nyaman  karena pandemi Covid-19 yang kita alami bersama saat ini. Namun demikian selamat dan sukses atas kelulusan teman-teman semuanya. Selama 3 tahun saya ikut mendampingi teman-teman semuanya. Hal yang sungguh mengesankan bagi angkatan ini adalah banyaknya prestasi yang diperoleh serta memiliki leader yang sungguh memahami angkatan ini. Seperti tema INISIASI teman-teman, harapan saya, angkatan ini menjadi angkatan yang selalu CERDAS, baik dalam berkoordinasi dan bekerjasama di manapun berada, dalam menanggapi hal-hal yang dihadapi terlebih dalam bermedia sosial serta cerdas dalam mengambil semua keputusan untuk lebih baik. Dan akhirnya berjuanglan di luar sana untuk pendidikan yang lebih tinggi dan selalu jaga nama baik De Britto.

Selalu suksessssss….

Cayooooooo”

Ibu B. MEILIANA, S.S.

Semoga yang didapat dari sekolah ini menjadi bekal yang berarti untuk jenjang yang lebih tinggi.

Bapak F. SUMARYO

“Angkatan yang kompak dan penuh semangat.

Harapan semoga sukses dalam kuliah dan menjadi generasi yang berani memperjuangkan keadilan bagi sesama.”

Bapak D. NINO WAHYU, S.E.

Pengalaman yang kamu dapatkan selama berdinamika di de britto jadikan penerang di kemudian hari agar masa depanmu menjadi terang. Selamat dan sukses untuk semua. AMDG

Bapak Y. JUNI HARIYANTO

Jangan sekali-kali meremehkan pekerjaan seseorang, meski kecil tapi akan ada manfaatnya di kemudian hari.

Ibu M.I. TITIK INDARYATI, A.Md.

Para siswa kelas XII tahun ajaran 2019/2020 belajar dengan bertanggungjawab meskipun akhir masa pembelajaran terdampak pandemi covid 19. Tetap bersemangat, semoga pembelajaran ini dapat menjadi pengalaman hidup yang berharga untuk masa depan selanjutnya.