Sambutan Kepala Sekolah

Para alumni tahun 2020 yang terkasih,

Tentu kalian semua masih ingat saat pertama kali datang dan diterima menjadi bagian dari keluarga besar SMA Kolese De Britto (tiga tahun yang lalu), kami (Staf dan Panitia Inisiasi 2017) merumuskan tema “Menjadi Pribadi Cerdas”, dengan empat rincian: Cerdas Intelektual, Cerdas Emosional, Cerdas Spiritual, dan Cerdas Sosial (untuk teman-teman yang masuk empat tahun lalu, tentulah temanya berbeda). Sebagai orang-orang muda yang telah memilih dan memutuskan untuk menjadi bagian keluarga besar SMA Kolese De Britto, Anda diajak dan diberi kesempatan untuk mengembangkan empat kecerdasan dengan membuka hati, mengenali diri, dan menggali seluruh potensi di kolese kita tercinta ini. Maka di pengujung perjalanan Anda di sekolah ini, baik jika Anda menyediakan waktu dan mencoba bertanya: apakah selama tiga atau empat tahun ini aku sungguh-sungguh telah menjadi pribadi cerdas sebagaimana rumusan teman Inisiasi 2017? Sejauh mana intelektual, emosional, spiritual, dan sosial –ku  terasah dan aku siap “menjadi” di kehidupan nyata yang sesungguhnya?

SMA Kolese De Britto sebagai bagian dari 827 sekolah Jesuit di dunia, sejak awal dimaksudkan sebagai lembaga formasi yang mendidik orang-orang muda menemukan dan mengembangkan dirinya secara optimal. Kolese Jesuit dikenal dengan pengembangan humanisme religius. Humanisme yang di satu sisi mengakui otonomi dan potensi manusia, dan di sisi lain mengakui bahwa martabat, otonomi, dan potensi itu berakar pada hakikat manusia sebagai anak-anak Allah yang dicintaiNya. Untuk itu, pendidikan di sekolah Jesuit diarahkan pada pendidikan yang utuh dan seimbang antara perkembangan intelektual, emosial, sosial, dan spiritual. SMA Kolese De Britto juga berupaya menyeimbangkan pola pendidikan ini melalui berbagai sarana dan kegiatan yang sungguh disadari, direncanakan, dan diukur.

1L 3C yang sejak awal dikenalkan kepada Anda, dan bertambah menjadi 1L 5C setahun setelahnya, adalah gambaran de Brittan yang diharapkan. De Britto-De Britto muda yang mampu menjadi pemimpin pelayanan (servant leader), yang memiliki kompetensi (competence), yang berhati nurani benar (conscience) dan berbela rasa (compassion), yang memiliki komitmen (commitment), dan setia/konsisten (consistency) senantiasa diupayakan sejak Anda masuk hingga pada detik ini ketika Anda akan segera mengakhiri masa pendidikan di SMA Kolese De Britto. Dengan pilihan nilai: cinta kasih, kesetiaan, keadilan, damai sejahtera, dan sukacita sebagai semangat dasar, sekolah berupaya menyediakan sarana dan kesempatan kepada Anda untuk mengembangkan seluruh kecerdasan Anda.

Mulai dari inisiasi, Ulang Tahun Sekolah, Weekend (makrab) kelas, LDK, FOP, Hari Rohani, Studi Ekskursi, Pesta Nama sekaligus Pembukaan Lustrum, Puncak Lustrum, live-in sosial, Live-in toleransi, kunjungan ke lapas, Penulisan Karangan Ilmiah, Orientasi Profesi, Konsultasi Psikologi dan Education Fair, Malam Ekspresi (Circum Temporum) hingga Retret adalah beberapa kegiatan yang dirancang, dikelola, dan diarahkan untuk memberi kesempatan Anda terlibat, membuka hati, dan mengembangkan kecerdasan. Adakah tonggak-tonggak penemuan diri yang layak dikenang dari beberapa kegiatan itu? Ataukah adakah peristiwa-peristiwa lain dari tiga atau empat tahun perjalanan Anda di sekolah ini (tutorial teman sebaya, belajar bersama, sepeda gembira, perayaan 17-an misalnya), atau justru pada saat-saat sulit karena pandemi Covid-19 dan batalnya pelaksanaan UN yang menggugah kesadaran Anda dan layak dikenang? Baik jika sejenak Anda berefleksi dan bersyukur boleh mengalami peristiwa-peristiwa itu.

Para alumni tahun 2020 yang berbahagia,

Anda menjadi bagian dari 857.186 siswa sekolah Jesuit di dunia (Global Network of Jesuit and Ignatian Schools per Agustus 2019). Di samping proses pendidikannya, sekolah Jesuit juga dikenal karena alumni-alumninya. Pejuang-pejuang kemanusiaan, pemimpin-pemimpin di berbagai bidang, ketokohan pada karya dan keterlibatan mereka adalah salah satu ciri alumni sekolah Jesuit yang bersemangat “Men and Women for and with others”.

Sebagai alumni SMA Kolese De Britto, tentulah kiprah, wujud, dan hasil perjuangan Anda juga menjadi bagian sejarah perjalanan panjang hasil pendidikan sekolah Jesuit. Perjuangan Anda yang sesungguhnya bukan berakhir di sekolah ini, tetapi justru baru dimulai. Bawalah nilai-nilai yang telah dibadankan di sekolah ini. Ambillah setiap keputusan berbadasarkan cara-cara yang telah diajarkan dan dibiasakan di sekolah ini. Semoga tempaan di Kolese de Britto tiga atau empat tahun ini memberi bekal kedalaman rohani (profundidad espiritual/spiritual depth) sebagai buah dari pertobatan yang membuka kita pada rahmat Allah dan kedalaman intelektual (profundidad intelectual/intellectual depth) yang membuat kita mampu melampaui hal-hal superfisial dan membantu menemukan kemungkinan-kemungkinan lain kehidupan bermartabat bagi sesama manusia sebagaimana diamanatkan Pater Jenderal Serikat Jesus Arturo Sosa, SJ.

Akhirnya, kuplet terakhir syair Mars De Britto: “meskipun terpencar hidupmu di kelak kemudian waktu, ingat selalu di dalam hatimu, ialah De Britto contohmu” yang setiap waktu kita nyanyikan dengan penghayatan yang sungguh dan heroisme yang tinggi, tentu tidak akan menjadi potongan lagu kenangan tanpa makna. Anda adalah de Britto-de Britto muda zaman ini. Anda adalah saksi, sebagaimana kesaksian misonaris Madurai tentang John De Britto: “Semua bahaya ditempuhnya asal dapat menolong jiwa-jiwa…”. Teguh dalam bersikap, pejuang kemanusiaan, dan pembela kebenaran adalah teladan Santo Yohanes De Britto pelindung sekolah kita. Anda adalah bagian nama besar Kolese De Britto. You are NOT just CHANGING, you are BECOMING.

Ad Maiorem Dei Gloriam.

 

Kolese De Britto, 8 Mei 2020

Teriring doa dan syukur,

 

Ag. Prih Adiartanto, S.Pd., M,Ed.